Saturday, June 26, 2010

Diadakannya sentul dragrace & dragbike seri-2 pada 8/6 mengundang rasa decak kagum buat penunggang Satria F (FU). Sebuah fenomenal rekor 7,847 detik pada lintasan 201 m,karena rekor sebelumnya 8,2 detik sekian. Hebatnya lagi rekor tersebut diraih diatas satria F (FU) yang notabene motorbebek yg bertarung di kelas FFA 4tak s/d 250cc,tak ayal rival2nya adalah motorsport berbagai jenis sampai 250cc,tak usah disebut disitu cbr150 dan racikan racing scorpio pun nongol ikut melahap trek 201m sentul.
Setelah di telusur ternyata Satria F (FU) tuh olah tangan mekanik IJO-IJO R SPEED Gresik, yg sebelumnya pernah menggegerkan gelaran dragbike jawatimur yg pernah podium satu dengan trek time: 8,026 detik pada trek 201m dragbike mojokerto(1/6)
Dan yang lebih menantang lagi mekanik yang menangani Satria F (FU) tuh mengatakan: "Dengan komponen standartnya saja bìsa banyak yang dimainkan, Satria F dengan cdi, karbu, piston dan knalpot misalnya bisa dimaksimalkan hingga waktu buat 201m nya bisa tembus 9,3 dtk". Hebat kan ??!!!



MOJOKERTO - Rencana penyelenggaraan balapan motor drag bike di lintasan Hayam Wuruk Kota Mojokerto besok mendapat respon positif dari sejumlah kalangan. Termasuk dari pengurus KONI setempat. ''Demi pembinaan generasi muda dan pegiat balapan motor, kita mendukung penuh penyelenggaraan kejuaraan drag bike tersebut,'' kata Sutomo, sekretaris KONI Kota Mojokerto.
Animo para generasi muda Mojokerto terhadap balapan motor sendiri menurutnya sangat besar. Hal itu terlihat dari banyaknya kelompok-kelompok balapan. ''Daripada mereka berkembang liar, lebih baik diwadahi diajang positif seperti kejuaraan drag bike,'' ungkapnya.
Sehingga para pecinta balapan motor memiliki media positif untuk menyalurkan bakatnya. Lebih dari itu, mereka juga bisa meraih prestasi setinggi-tingginya. Karena memang ada ajang kompetisi resmi mulai tingkat Kab/Kota sampai nasional.
Hanya saja Sutomo mengaku belum dapat memberi kepastian terkait penyelenggaraan kejuaraan drag bike itu. Pasalnya, pihak KONI belum pernah menerima surat tembusan dari Pengprov Ikatan Motor Indonesia (IMI) Jatim selaku penyelenggara kejuaraan tersebut. ''Seharusnya minimal kita diajak koordinasi,'' sesalnya. Tetapi nyatanya, sampai H-2 pelaksanaan kejuaraan kemarin, pihaknya masih belum menerima sekedar surat pemberitahuan sekalipun. ''Kita sudah mendengar rencana kejuaraan drag biketersebut. Dan prinsip sebagai tuan rumah, kita mendukung penuh. Tapi alangkah lebih baik jika kita diajak koordinasi. Apalagi bukan kali ini saja Kota Mojokerto ditempati kejuaraan drag bike,'' paparnya.
Sebelumnya, Kabid IMI Jatim Bambang Haribowo mengatakan, bakal menggelar kejuaraan open tournament di lintasan Hayam Wuruk Kota Mojokerto Minggu (1/11) besok. Kejuaraan itu sengaja diadakan untuk mengisi kevakuman pembalap motor sekaligus persiapan menghadapi kejuaraan nasional pada pertengahan November nanti.
Menurut dia, pembalap ternama Jatim seperti Eko Chodox dan Agus Unyil siap mengikuti kejuaraan dengan total hadiah Rp 47 Juta itu. Mereka mendaftar karena akhir-akhir ini jarang ada kejuaraan untuk mengasah kecepatan mereka.
Panitia menargetkan 300 starter akan turut berpartisipasi dalam even itu. Sebab, ada empat belas kelas yang dilombakan. Di antaranya, 125 cc tune up seeded, 125 cc tune uppemula, 125 cc tune up standar pemula, 110 cc tune up seeded, 110 cc tune up pemula, 110 cc tune up standar pemula. Selain itu, ada kelas baru seperti kelas bebek 4- Tak-150cc. Panitia sengaja menurunkan kelas bebek 150 cc sebab nomor tersebut banyak diminati dalam beberapa kejuaraan.
Jika jadi terlaksana, kejuaraan tersebut akan menjadi balapan drag bike kedua yang terselenggara di Kota Mojokerto tahun ini. Pada awal tahun, di lintasan Benteng Pancasila juga digelar kejuaraan drag bike. Tepatnya pada Minggu (25/1). Ratusan pembalap lokal dan luar kota meramaikan kejuaraan tersebut.
Pembalap nasional berhasil mendominasi persaingan drag bike yang memperebutkan piala Wali Kota Mojokerto tersebut. Dari 15 kelas minus kelas lokal, peraih juara didominasi oleh muka-muka nasional. Beberapa pembalap lokal yang mampu bertengger di daftar juara, hanya bertengger di nomor keempat dan kelima.
Dua pembalap nasional yang cukup energik menyapu jalanan Benteng Pancasila yakni Rizky Unyil dan Eko Chodox. Tak hanya menjuarai di satu kelas, dua pembalap yang sudah mempunyai nama di pentas adu balap itu berhasil menyabet juara di beberapa kelas. Eko Chodox misalnya, pembalap tersebut mampu bertengger di podium juara untuk 10 kelas. Sedangkan Rizky Unyil berhasil mengisi daftar juara di lima kelas. Dari 10 kelas yang menempatkan namanya sebagai juara, Eko Chodox berhasil menjadi jawara di dua kelas. Meliputi kelas bebek 4 tak tune up 150 cc dan kelas sport 2 tak tune up 140 cc. Dari 15 kelas yang dipertandingkan, ada dua kelas lokal. Antara lain, kelas bebek 4 tak tune up 115 cc dan bebek 2 tak standar 116 cc.
Dua pembalap asal Mojokerto yang mampu menempati podium juara bersanding dengan pembalap nasional adalah Mat Ijo Edy Jaya dan Dedy Potex. Mat Ijo Edy Jaya dari team Ijo Edy Jaya, Dedy Potex tanpa mengusung team atau perseorangan.
Sebanyak 15 kelas yang dipertandingkan kala itu meliputi, bebek 4 tak tune up 105 cc pemula, bebek 4 tak tune up 105 cc, bebek 4 tak tune up 115 cc, bebek 4 tak tune up 125 cc dan bebek 4 tak standar 116 cc. Selain itu, juga bebek 2 tak tune up 116 cc, bebek 2 tak tune up 125 cc dan bebek sport 2 tak tune up 140 cc. Serta sport 2 tak 155 cc, sport 4 tak tune up 200 cc dan FFA 2 tag 250 cc. Juga di kelas lokal yakni FFA 4 tak 250 cc dan skutic 200 cc.

Friday, June 25, 2010

my Facebook

Sii Hepii PeNen BaHagia (Happy Rochmawati Dyah Pramesthi)

Sunday, May 30, 2010

Harga dan Spesifikasi Yamaha Xeon

Harga dan Spesifikasi Yamaha Xeon

Image and video hosting by TinyPic

Spesifikasi:
Mesin 
Jenis 4 Langkah, SOHC, Berpendingin Cairan
Volume Silinder 124 cc
Jumlah / Posisi Silinder Cylinder Tunggal / Mendatar
Diameter x Langkah 52,4 x 57,9 mm
Perbandingan Kompresi 10,9 : 1
Pelumasan Basah
Sistem Bahan Bakar MIKUNI BS 26 x 1
Sistem Pengapian DC C.D.I
Battery 12V, 3.5Ah / YTZ5S
Busi C6HSA (NGK) / U20FS-U (DENSO)
Sistem Starter Electric & Kick Starter
Kapasitas Tangki 4,1 Liter
Kapasitas Oli Mesin Total 0,9 Liter, Berkala 0,8 Liter
Transmisi CVT Otomatis
Tipe Kopling Kering, Kopling Sentrifugal
Daya Maksimum 8,05 kW / 8500 rpm
Torsi Maksimum 10,1 Nm / 7000 rpm

Rangka
Tipe Pipa Baja
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Lengan Ayun, Suspensi Tunggal
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Tromol
Ukuran Roda Depan 70 / 90 - 14M/C 34P
Ukuran Roda Belakang 80 / 90 - 14M/C 40P

Dimensi
Panjang 1850 mm
Lebar 685 mm
Tinggi 1060 mm
Tinggi Tempat Duduk 750 mm
Jarak Sumbu Roda 1250 mm
Jarak Terendah Ke Tanah 125 mm
Berat Isi 103 kg

Harga: Rp 15,5 juta
(sumber: yamaha-motor.co.id)

Wednesday, May 12, 2010

Manfaat Mengisi Ban dengan Nitrogen

Selasa, 11 Mei 2010 19:53 WIB
Apa Manfaat Mengisi Ban dengan Nitrogen?
Penulis : Chadie

Apa Manfaat Mengisi Ban dengan Nitrogen
MUNCUL berbagai persepsi mengenai penggunaan gas nitrogen pada ban kendaraan. Sebagian besar menyatakan penggunaan nitrogen membuat ban lebih empuk, malah ada yang nekat menyatakan kendaran jadi hemat bahan bakar. Padahal itu salah besar.

Udara yang kita hirup sehari-hari sebanyak 78% adalah Nitrogen. Unsur Oksigen justru kurang dari 21%. Sisanya adalah uap air, CO2 dan konsentrasi gas mulia seperti argon dan neon yang bisa kita abaikan keberadaannya.

Penggunaan Nitrogen pada ban awalnya digunakan untuk keperluan balap. Nitrogen memiliki molekul yang lebih padat. Oleh karena itu Nitrogen tidak mudah menyusup keluar dibanding udara. Oleh karena itu, jika tidak ada kebocoran, TEKANAN ban berisi Nitrogen lebih awet dibanding udara. Hal ini penting di arena balap karena perbedaan tekanan ban 0,5 PSI saja sudah banyak pengaruhnya pada performa mobil balap saat melibas tikungan.

Karena lebih padat, pengisian dengan Nitrogen jauh lebih cepat dibanding dengan udara sehingga menghemat waktu. Ini penting di sebuah kompetisi balap, karena perbedaan 1/1000 detik saja mampu menentukan sebuah kemenangan.

Di arena balap Formula 1, kita kerap menyaksikan para kru membungkus ban dengan jaket penghangat ban. Tujuannya agar suhu ban sesuai dengan temperatur kerja optimalnya. Ban yang terlalu dingin membuat tapak ban menjadi keras sehingga daya cengkram berkurang.

Sebaliknya jika ban terlalu panas membuat udara dalam ban memuai dan berpotensi meledak. Nitrogen yang memiliki sifat dingin membuat suhu bagian dalam ban relatif lebih rendah meski tapak ban dalam kondisi panas. Alhasil tekanan ban lebih stabil sehingga pembalap lebih mudah 'mengenali' karakter ban tanpa terinfeksi perubahan performa akibat perubahan suhu.

Kandungan air (walaupun berbentuk uap) dalam udara merupakan sesuatu yang buruk jka berada di dalam ban. Ia mampu mengundang terjadinya korosi pada velek besi maupun aluminium. Kandungan air dalam udara juga membuat tekanan ban mudah terpengaruh akibat panas dibanding udara tanpa kandungan air.

Padahal tidak semua kompresor udara yang ada di pinggir jalan dilengkapi filter penyaring uap air.Bahkan pernah ada kasus di mana pemilik kendaraan menemui kondisi ban kendaraannya berisi air. Mungkin benda cair ini masuk saat pemompaan dengan tabung kompresor berisi air akibat proses kondensasi yang berkepanjangan.

Hal ini tak akan terjadi jika kita mengisi ban dengan Nitrogen. Karena saat mengganti pertama kali dengan Nitrogen, bengkel umumnya akan melakukan pengurasan berkali-kali sehingga akan mengurangi kandungan Oksigen yang berpotensi mengundang hadirnya uap air untuk digantikan dengan Nitrogen murni yang bersifat kering sehingga mampu mencegah timbulnya korosi.

Soal performa ban yang dikatakan menjadi lebih empuk oleh sebagian besar penggunanya? Itu hanya sugesti saja dan secara teknis tak ada kaitannya. Karena tekanan 30 PSI, tak peduli ia berisi Nitrogen, Oksigen, bahkan diisi LPG sekalipun akan tetap 30 PSI, alias tak akan menjadi lebih empuk.

Pada dasarnya kita tak akan bisa merasakan perbedaan ban yang diisi oleh udara atau dengan Nitrogen kecuali tekanan udara dalam ban jauh dari yang diijinkan. Jadi jika suatu saat Anda terpaksa mengisi ban Anda dengan angin biasa karena tak tersedianya Nitrogen, lakukan saja. Anda bisa menggantinya lagi jika menemukan bengkel yang menyediakan. (Cdx/dari berbagai sumber)

http://www.mediaindonesia.com/mediaoto/index.php/read/2010/05/11/1248/9/Apa-Manfaat-Mengisi-Ban-dengan-Nitrogen

REVOLUSI TERBARU AUTOMOTIVE

Revolusi terbaru: “Mesin Dengan Tenaga Udara” untuk mobil anda. Tanpa polusi!
12,mei 2010

Beberapa perusahaan telah membuktikan untuk mengembangkan mobil murah yang menggunakan mesin udara. Mesin tersebut dikembangkan oleh 2 perusahaan yang terdepan pada saat ini yaitu Moteur Developpment International (MDI) di Perancis dan EngineAir di Melburne, Australia. Mobil tersebut diharapkan akan dapat lebih cepat dipasarkan karena harga battery yang masih cukup mahal untuk diimplementasikan untuk mobil sehari-hari.
MDI dan Engineair memiliki keunikan sendiri-sendiri.
Mobil MDI menggunakan sistem injection seperti mesin biasa dengan piston dan crankshaft. sistem ini lalu mengkompres udara didalam mesin untuk menggerakkan piston tersebut dan membuat pergerakan. Mobil MDI dapat jalan hingga 350 km/jam dan sangat ringan. Mobil MDI bekerjasama dengan TATA Automotive di India berharap untuk dapat menjual tersebut dengan harga USD 8000 atau setara dengan 72 juta rupiah.
Engine Air di Australia menggunakan sistem yang berbeda yaitu dengan konsep piston rotary. Sistem ini cukup revolusioner dimana hanya menggunakan 1 psi tekanan udara. Sebagai perbandingan, ban mobil Isuzu Panther/Kijang menggunakan tekanan 33-37 psi. Jadi mesin ini hanya memerlukan sedikit tekanan udara untuk menggerakkan piston dan menghasilkan gerak.
Pada akhirnya, yang menarik adalah dengan menggunakan hanya udara, maka mobil tersebut tidak menghasilkan polusi sama sekali. Mobil EngineAir telah dipakai oleh departemen pertamanan di Melbourne dan MDI akan membuat mobil konsumen yang terjangkau.