Sunday, September 20, 2009

Harley Davidson in R.A.T

Wuakakakkaa… ni judul emang kontroversial yah :) Gak kok, kita ga lagi nge-modifikasi motor HD, cuma pengen nulis hal lucu aja saat kita dapet mandat dari Mr.R from Jakarta yang tiba-tiba nongol di rumah bengkel kita untuk dibuatkan Cylinder Head Jupiter Z. Alhamdulillah bengkel nyumpil gini ya kok bos niat cari-cari alamat hehehehe.. Thank you bos. Modifikasi head standard R.A.T yang terpenting sesuai kebutuhan, berhubung si bos juga masih ingin JJS dengan motornya maka kita ga buat se-ekstrem head drag biasanya, tapi head cylinder yang kita buat untuk RAT riders dimana aj tetep selalu istimewa dan personalized. Keputusan menanam Cylinder head dengan klep 27/23 Daytona Racing berawal dari musyawarah nasional dengan pemilik, sebenernya sih Mr.R pengen dipasang head klep 28/24, berhubung rencana ke depan cuma pakai piston KAZE itulah kenapa kita kecilkan payung klep nya, diameter piston Kaze max. cuma 55mm (itupun kalo dapet yang ov.200) untuk jaga-jaga besok minim kudu dipasang piston 54mm ya bos supaya manteb. Squish kita buat 9 derajat, jadi besok derajat piston kudu ngikutin ya bos… Spec camshaft kita buat 310 derajat di setelan klep sekian (lupa catatannya sudah kukasihkan ke Mr.R) heehhee…

Diolah dari bahan alami Yamaha Genuine Part

Diolah dari bahan alami Yamaha Genuine Part

Bahan Baku dipastikan dalam kondisi segar dan masih virgin

Bahan Baku dipastikan dalam kondisi segar dan masih virgin

Hanya bagi yang serius mencintai performa tinggi

Hanya bagi yang serius mencintai performa tinggi

Special ordernya porting klep inlet dan exhaust, minta dipolish supaya semut kepleset, hmmm… sebenernya ni porting bukan ideal kita, takutnya bukan semut yang kepleset tapi malah gajah, wakakakakaka menurut teori bidang yang licin justru sulit untuk memecah molekul bahan-bakar yang masuk ke cylinder head :) tapi siapa tahu dengan model porting ini bisa maknyusssssss… lagipula yang order ini engineer Harley Davidson lho… masa mekanik ndeso n katrok mau ngeyel sama mekanik amerika… ^_^ Wakakkakaka…

Measuring Cylinder Head

Measuring Cylinder Head

Begin Porting

Begin Porting

Gaya Yang Aneh...

Gaya Yang Aneh...

Nah disini saya kagetnya waktu dateng pertama kali ke rumah bengkel kita dia naik Honda Megapro, lha kok jum’at pagi seperti ada suara gemuruh di kejauhan seakan-akan ada badai topan datang, weladalah… mak glodak! Kok Harley Davidson markir di depan bengkel, mati nak! Moso mau tune up…?! Piye iki :) hhehehe… Sempat gugup juga, ini orang mau tanya jalan atau gimana? Lealah yang turun lha kok ternyata seorang kawan kita yg dari jakarta kemarin itu. Bikin heboh. Kontan deh, kita langsung mengagumi American Bike satu ini, ckckkcc.. nunggu di kontrak sponsor Petronas kali ya baru bisa beli HD, tapi kata H.Wawan mah mending beli mobil Katana atau apa gitu biar enak ga keujanan ga kepanasan… tapi orang yang mampu beli HD kan pasti enteng beli mobil ya… Hahahahaha dasar katrok, buat menghayal punya HD ae ga wani :P

Akhirnya kita cuma minta distarter sekali lagi engine nya, dan alamak… suaranya kaya truk… ngeri tenan camshaftnya.. ckckkcck… mesin segede gajah gitu katanya cuma disokong dua buah klep, piston segede hampir 10 centi. makanya suaranya Gabruk-gabruk…

Yang Normal Service di R.A.T

Yang Normal Service di R.A.T

Yang gak normal dateng ke bengkel hehehhe...

Yang ga Normal dateng ke R.A.T

Mesinnya anget kalo ketempel di Paha

Mesinnya anget kalo ketempel di Paha

Ny tipe HD yang udah sedikit dimodifikasi, standardnya dibekali V-Twin Engine dengan displacement 800 CC, modifikasi pada exhaust system free flow, dan Breather KIT dari merk elang opo gitu… lali aku rek. Kok ga ada barang AHRS ya di motor ini?? Kayanya perlu tuh.. Atau knalpot Harley Davidson by Ahau Motor… Hmmm… bos-bos yang punya HD pada mau gak ya pasangnya… :) Dibekali sistem pengkabutan bahan-bakar dengan sistem ejakulasi eh.. injeksi. Ckckkckc.. keren-keren. Sistem camshaft nya dengan pushrod, jadi di cylinder head kosong tidak ada camshaftnya, tapi noken as berada di block cylinder… Hayo piye nge-top ne sekere? Untungnya kok kalo service motor ini gak perlu setel celah klep… enake… jadi jealous… T_T

Tau ga kalo service di Bengkel resmi HD tuh tarifnya per-Jam, dan setiap jam kena charge 35 USD alias 450 ribu rupiah untuk satu kali tune up. Manteb tenan mak…!!! Kapan ya R.A.T bikin tarif per jam, kok kaya sewa Playstation hehehehe ^_^ padahal kita bikin porting 1 cylinder head aja makan ber-jam -jam, diukur dulu standardnya pake caliper gauge, dikalkulasi dengan memakai Karce pasti untung, halah… lalu diporting sedikit-demi sedikit, di measure terus-menerus sampai ketemu ukuran ideal porting sesuai yang dimau. Pokoknya kalo diitung kita nge-porting sambil nyanyi-nyanyi bisa habis 2 album deh Huahahahha…

We make it special for you, that’s why different order make different price, seperti head cylinder racing Jupiter Z milik bos kita satu ini kan nantinya dipakai Karburator RX-King, jadi ya porting menyesuaikan klep dan karbu itu. Buat jarak trek 800 meter… Beres bis.. eh bos! :) Belum lagi special order nya porting minta dipoles, jangan kuatir bos, ini porting bukan lagi di poles tapi di hard chrome , ente minta 1 we give you 10 :)

Porting custom Exhasut Jupiter Z by R.A.T

Porting custom Exhasut Jupiter Z by R.A.T

9 degree squish

9 degree squish

inlet port standard

inlet port standard

Disokong piston kompresi tinggi seperti ini bakal mantab

Disokong piston kompresi tinggi seperti ini bakal mantab

Apa yang kita bangun adalah bukan sekedar mesin kencang, tapi juga persahabatan… brotherhood… or something. We glad to know the person, not just making a high performance engine… :) Yes we glad to know you bro. Oiya bos kalo ada motor HD yang mau port-polish kasih kabar ya, ente yang bongkar pasang kita yang port-polish.. [cari ceperan bareng Mode : ON] wkkwkwkwkw… ^_^

Pokoknya tetep sehat, tetep semangat biar bisa modif mesin tiap hari :)

Glad to know you brother

R.A.T motorsport –rumah untuk semua rider–

visit us @ desa Tropodo Indah Blok N no.26-28

Waru – Sidoarjo

085645577007

No comments:

Post a Comment