Wednesday, January 19, 2011

Yamaha RXZ 135 Legendaris Sport 2 Tak


Yamaha RXZ merupakan sepeda motor legendaris yang tidak bisa dilupakan oleh biker Indonesia. Pada masanya motor ini mejadi salah satu motor populer, dan performanya sangat disegani. Saat itu saingannya adalah kawasaki AR 125 & Suzuki RGR 150 (era 1987-1994). Walaupun RXZ 135 mengusung teknologi mesin 80-an, tapi kenyataannya motor ini sanggup bersanding dengan kawasaki ninja 150 yang notabene mengusung teknologi mesin mutakhir, terbukti di beberapa ajang dragbike Indonesia dan di balap liar, RXZ masih mendominasi kampiun juara walaupun pada masanya banyak sepeda motor sekelasnya yang juga mengusung teknologi mutakhir seperti suzuki RGR 150 & NSR 150 namun tidak mampu meneggelamkan performa RXZ.

Banyak sekali RXZ yang disegani di ajang dragbike & balap liar di era 1999-2004. Salah satunya adalah RXZ tunggangan Rovino Sanjaya yang hanya bisa dikalahkan oleh Honda CR 250 CC milik Andre Jess, hal itu bisa dimaklumi karena mesin kapasitas 135 cc yang di bore up menjadi 143 cc pada RXZ melawan mesin Special Engine CR 250 CC, lalu kemana motor lain seperti Ninja 150, NSR 150, RGR 150 & RX-King? mengapa tidak mampu bertarung melawan special engine CR 250 cc tunggangan Andre Jess? itulah yang menjadikan popularitas RXZ sangat disegani di arena balap motor.
RXZ lahir pada tahun 1987 dengan kapasitas mesin 135cc dengan 6 percepatan. Tenaga yang dimiliki mencapai 21dk dengan diameter ventury karburator 26mm. Dalam keadaan mesin standar mampu menebus 165km/jam, sebuah kecepatan luarbiasa pada masanya untuk kelas 135 cc. Motor ini dapat didongkrak performanya dengan melakukan korekan (tune-up) mesin, namun tidak banyak tuner yang sanggup melakukannya karena karakter dari RXZ ini berbeda dari motor lain seperti RX-King, NSR & Ninja. Namun jika ada tuner yang berhasil melakukan tune-up di RXZ, maka performa motor ini akan sangat dahsyat.
RXZ memang sudah discontinue pada tahun 1998, namun bagi pemilik yang saat ini masih mencintai tinggangan RXZ-nya tidak perlu khawatir dengan sparepart, karena di negara tetangga, RXZ masih terus diproduksi karena popularitasnya mengalahkan Ninja, NSR bahkan TZM sekalipun. Tapi untuk spek RXZ yang masih diproduksi di Malayshit sudah mengalami beberapa perubahan seperti ditambahkan catalyzer pada knalpot untuk menekan polusi sehingga secara otomatis tenaga mesin berkurang menjadi 20dk dan topspeed menurun menjadi 160km/jam. Untuk masalah bodi terjadi perubahan pada buritan yang mirip dengan body scorpio denga lampu 125 Z.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment