Saturday, May 7, 2011

Cara Mudah Mengatasi Karburator Banjir

5f4abfd17a276b2aaaf113dd2c824765 Cara Mudah Mengatasi Karburator Banjir

artikel  tentang permasalahan di karburator beserta cara yang paling mudah mengatasinya. Setelah itu, beberapa pembaca mengirim pertanyaan seputar permasalahan di peranti pemasok bahan bakar ke ruang bakar mesin tersebut.

"Motor saya Honda Supra X tahun 2004, karburator sering banjir bensin keluar dari selang pembuangan karburator pada saat pagi bahkan di saat motor jalan," ungkap Roni, yang mengaku bertempat tinggal di Margahayu, Bekasi Timur.

Penanya lain adalah Sudaryono yang mengaku berasal dari Mungkid, Magelang, Jawa Tengah. "Saya mau tanya bagaimana cara mengatasi karburator banjir. Kalau lubang jarum pengapung di skir bisa mengatasi masalah nggak?" kata dia melalui surat elektronik,

"Kasus yang umum  terjadi adalah karena komponen di karburator telah aus. Tetapi kalau karburator sudah diganti tetapi masih bocor, bisa dikarenakan posisi karburator tidak rata," ujar dia.

Namun, ketidaktepatan posisi karburator itu jarang terjadi. Hal itu bisa terjadi bila ada perubahan posisi intake manifold.

Sementara, kata dia, penyebab yang paling sering terjadi adalah pada pelampung dan lubang jarum. Cara mengatasinya juga cukup gampang. Apa saja itu? Berikut penjelasan Ashadi :

1.      Karburator banjir dan sepeda motor mati mendadak saat jalan
Bila menemui bahan bakar mengalir deras hingga menyebabkan mesin mati mendadak, berarti Anda harus membuka dan membersihkan beberapa bagian. Pertama bersihkan lubang main jet dan pilot jet. Lakukan pembersihan dengan serabut tipis yang telah dibasahi dengan bensin.
Selain itu, bersihkan pula saluran masuk utama bensin ke karburator dan cuci jarum pelampungnya.  Setelah itu pasang kembali.

Sementara untuk penyetelan spuyer angin dan gas gunakan perbandingan 1 : 1, artinya kencangkan baut spuyer itu ke arah kanan. Setelah putra kembali spuyer ke arah kiri hingga putaran penuh sebanyak tiga putaran.

Bila bensin hanya merembes atau menetes saja, maka tak perlu melakukan pembongkaran. Pasalnya, itu dikarenakan oleh jarum pelampung karburator tersumbat partikel atau kotoran halus. Anda cukup memukul-mukul karburator dengan gagang obeng beberapa kali agar sumbatan itu berpindah dari lubang jarum.

2.      Komponen aus dan cara mengatasinya
Selain karena kasus-kasus tertentu, karburator banjir juga bisa dikarenakan karena komponen-komponen yang ada di dalamnya telah aus seiring dengan pemakaian.
Menurut Ashadi ada beberapa penyebab dan cara mengatasinya :

a.       Jarum pelampung dan wilayah sekitar jarum telah aus, sehingga saluran pembuangan tidak bisa tertutup dengan rapat. Akibatnya bahan bakar menetes alias banjir. Cara mengatasinya dengan melakukan skir area jarum pelampung dan menyetel kedalaman jarum pelampung

b.      Pelampung bocor sehingga tidak bisa berfungsi dengan normal. Cara untuk mengatasinya paling aman dan tepat sasaran adalah dengan mengganti dengan yang baru. Pasalnya bila dilakukan penambalan belum tentu tepat dan kuat sehingga justru akan menyengsarakan Anda.

c.       Katup vakum otomatis atau biasa disebut auto choked valve selang bensin telah aus. Akibatnya, bensin akan mengalir terus ke karburator meski mesin motor dalam kondisi mati, akibatnya karburator banjir.

Cara satu-satunya untuk mengatasi persoalan ini adalah menggantinya dengan komponen baru. Pasalnya, bila katup itu telah aus sulit melakukan perbaikan. Kalau pun dipaksakan tidak akan bertahan lama, walhasil Anda pun akan dirongrong oleh persoalan ini.

sumber,http://arsipberita.com/show/cara-mudah-mengatasi-karburator-banjir-166569.html

No comments:

Post a Comment