Wednesday, June 15, 2011

KARBURATOR MBEREBET

Nha artikel kali ini akan mengangkat kasus honda New MegaPro, dengan keluhan yang sama yaitu karburator mbrebet dan langsung macet.



Tapi jangan berpikiran negatif dulu ya... kita simak bareng-bareng apasih penyebabnya?
Setelah diperiksa oleh pihak ASTRA HONDA ataupun AHASS memang keluhan itu benar adanya tapi bukan berarti kerusakan pada karburator lho..! melainkan disebabkan oleh sebab-sebab lain, diantaranya karena kelalaian atau ketidak pahaman si pemilik motor tentang dampak negatif atas kelalaiannya itu terhadap kinerja part-part tertentu.

Konsumen yang kurang paham dan kebetulan motor yang dimilikinya mengalami kasus diatas mungkin akan langsung menyimpulkan bahwa ini kesalahan pabrik atau menyalahkan bahan materialnya yang tidak berkualitas..

Ok semuanya nha jelasin penyebabnya. apa aja sih yang bisa membuat motor New MegaPro mberebet yang ujungnya macet itu?
  • Karburator mberebet bisa disebabkan diantaranya karena pemilik motor tersebut menyimpan mantel atau jas hujan pada bawah jok, yang memang seharusnya bukan tempat bagasi atau penyimpanan barang, tetapi bawah jok itu adalah tempat masuknya udara lewat filter, sehingga kalau ruang tersebut tertutup mantel atau jas hujan maka udara tidak dapat masuk kedalam filter. Karena udara yang masuk ke ruang bakar yang akan bercampur dengan bensin sangat minim, akibatnya motor jadi mberebet dan macet.
  • Penyebab lainnya pada kasus yang sama yaitu ditemukannya pemilik motor sengaja membuka atau mencopot tutup filter udara, dengan alasan pencopotan tutup filter berbahan viscos ini adalah agar suaranya lebih garang. Padahal pencopotan tutup filter tersebut akan menyebabkan banyak kotoran atau debu yang masuk ke dalam karburator dan selanjutnya menempel ke skep karburator. Akibatnya, skep tidak bisa bergerak naik turun dengan baik. Apalagi per (pegas) di karburator ini sangat kecil dan berabada dengan per yang terdapat pada karburator type motor lainya. Sehingga hal ini akan sangat berpengaruh pada sistem suplai udara.
  • Perlu diketahui juga buat pemilik New MegaPro (saat motor di cuci) untuk menghindari penyemprotan dengan air bertekanan tinggi, terutama penyemprotan dari bawah tutup tangki. Karena di tutup tangki ada lubang fentilasi yang asangat kecil dan bisa dimasuki air, dikhawatirkan air akan menyumbat udara yang masuk ke tangki saat proses pernafasan dan meneyabkan bensin sulit turun ke karburator.
  • Selain itu jangan pernah membersihkan atau menyemprot saringan udara dengan tekanan angin, menggosok terlalu keras atau jangan sampai dicuci dengan bensin dan sebagainya. biarkan saja , tidak usah dibersihkan karena bahanya terbuat dari viscos (kertas basah). Kalau dicuci dikwatirkan kertas akan hancur sehingga justru akan menutup pori-pori filter.


Yapzz..
itulah sedikit ulasan yang mungkin bisa membantu teman-teman semua yang kebetulan memiliki keluhan yang sama..

razz
Semoga bermanfaat..
tq

sumber

No comments:

Post a Comment

Post a Comment